Popular Posts
-
INSTRUMEN PENDAMPINGAN INDIVIDU (PI) 1 A. Tindak lanjut hasil lokakarya Orientasi (30’) Setelah melakukan pembelajaran daring selama 1 bulan...
-
Tujuan Pembelajaran Khusus : Peserta mampu mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah ...
-
Tujuan Pembelajaran Khusus : Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - se...
Blogger news
Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
Ki Hajar Dewantara mengadvokasi hak setiap individu, tanpa memandang latar belakang atau status sosial, untuk mendapatkan pendidikan. Ia berusaha melawan ketidakadilan dalam pendidikan yang terjadi pada masa kolonial, di mana hanya golongan tertentu yang berhak mendapatkan pendidikan.
Ki Hajar Dewantara meyakini bahwa pendidikan tidak hanya sebatas pemberian pengetahuan akademik, tetapi juga pembentukan karakter dan kepribadian. Ia menekankan pentingnya pengembangan nilai-nilai moral, etika, serta rasa cinta tanah air dan kebangsaan dalam pendidikan.
Ki Hajar Dewantara memandang pendidikan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dan bakat setiap individu. Ia menolak pendekatan satu ukuran cocok untuk semua dan lebih menganjurkan pendekatan yang menghargai keunikan setiap siswa, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bakatnya sesuai minat dan potensi masing-masing.
Ki Hajar Dewantara sangat menekankan pentingnya pendidikan yang mencerminkan budaya dan identitas bangsa Indonesia. Ia berusaha menggali dan mengembangkan kekayaan budaya lokal serta menanamkan nilai-nilai budaya dalam sistem pendidikan, sebagai upaya untuk memperkokoh jati diri bangsa.
Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
Dalam konteks pendidikan di sekolah saya secara khusus, pemikiran Ki Hadjar Dewantara memiliki dampak yang signifikan. Pendidikan di sekolah kami didasarkan pada prinsip inklusi, di mana kami berupaya untuk menyediakan pendidikan yang merangkul semua siswa, tanpa memandang latar belakang mereka. Kami memberikan perhatian khusus pada penerimaan siswa dari berbagai latar belakang sosial dan budaya, serta menciptakan lingkungan yang mendukung keanekaragaman. Prinsip-prinsip ini tidak hanya diimplementasikan dalam kurikulum kami, tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler, upacara sekolah, dan interaksi sehari-hari antara siswa dengan dewan guru.
Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Belum secara totalitas hanya sebagian semoga setelah mengikuti program guru penggerak ini bisa mengimplementasikannya secara menyeluruh
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Semakin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Antusiasme murid-murid dalam mengikuti pembelajaran semakin bertambah
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Memberikan pemahaman tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang ternyata relevan sekali dengan keadaan saat ini
0 Comments:
Posting Komentar